RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SMKN 2 KLATEN DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI PEMESINAN

Senggo Praduto, Sudji Munadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) relevansi materi pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten dengan ketrampilan yang dibutuhkan di industri pemesinan; (2) keterlaksanaan materi pembelajaran  yang dibutuhkan di industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran CNC yang berjumlah 1 orang dan 5 Kepala Industri yang membidangi pekerjaan Pemesinan CNC berjumlah 5 orang. Sedangkan objek penelitian dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMKN 2 Klaten dan Keterampilan Dasar yang dibutuhkan di Industri Pemesinan skala menengah ke atas. Kesimpulan secara umum bahwa persentase relevansi materi pembelajaran Teknik Pemesinan CNC di SMK dengan ketrampilan yang dibutuhkan oleh industri adalah sebesar 73% dan masuk dalam kategori relevan. Keterlaksanaan materi pembelajaran yang dibutuhkan oleh industri mencapai 97% dan masuk dalam kategori sangat tinggi.

This research aims to discover: (1) the relevance of CNC Machining learning material in SMKN 2 Klaten with the skill needed by machining industry; (2) accomplishment of CNC learning material which correspond to the needs of machining industry. This research is a descriptive quantitative research with a survey approach. The populations are 1 CNC subject teacher in SMKN 2 Klaten and 5 manufacture company leaders of medium scale industry. The objecy of the research are learning materials on CNC Machining at SMKN 2 Klaten and basic competences needed in the Machining Industry of medium scale and above.  The general conclusions are    (1) The relevance of CNC Machining learning material in SMKN 2 KLATEN to industry needs is 73%, which can be categorized as relevant; (2) The accomplishment of CNC learning material which correspond to the needs of machining industry is 97%, which can be categorized as very high.


Keywords


Relevansi, materi pembelajaran, ketrampilan yang dibutuhkan industri; Relevance, learning materials, skill, industry needs, cnc machining

Full Text:

PDF

References


Dwi Jatmoko. (2013). Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri Di Kabupaten Sleman. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Emrizal. (2007). CNC Bubut SMK Teknik Dan Industri. Bogor: Yudhistira.

E Mulyasa (2006). KTSP Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsini Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang No. 20 Pasal 15, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zainal Arifin. (2011). Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Zainur Rofiq. (1996). Relevansi Materi Kejuruan SMK Program Studi Mesin Produksi Dengan Kebutuhan Dunia Kerja Industri Pemesinan. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i3.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin