PERSEPSI SISWA TENTANG KESIAPAN DALAM MELAKSANAKAN PRAKERIN BERDASARKAN K13 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PILIHAN KARIR

Agung Widadi, Widarto -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kesiapan, pelaksanaan prakerin, dan relevansi tempat prakerin siswa terhadap pilihan karier. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan jenis penelitian expost facto. Variabelnya adalah persepsi kesiapan siswa (bebas), prakerin (intervening), dan pilihan karier (terikat). Sampel yang dipakai 53 siswa setiap periode. Pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah t-sample independen test dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan persepsi siswa tentang kesiapan dengan nilai 0,171, siswa yang melaksanakan prakerin periode II lebih baik daripada I, dengan nilai 0,031. Ada relevansi antara tempat PI siswa dengan pilihan karir yang sesuai dengan program keahlian teknik pemesinan. Ada relevansi dari pelaksanaan PI terhadap pilihan karir siswa yang sesuai dengan program keahlian teknik pemesinan periode I sebesar 58% dan periode II sebesar 50%.

This research aims to understand the students’ perception on readiness, realization of internship,and the relevance of the place of internship to the students’ choice of career. This is a survey research of the ex post facto type research. The variables were the students’ readiness perceptions (independent variable), the internship (intervening variable), and the career choices (dependent variable). The samples being used were 53 students for each period. Data were collected by questionnaires and documentation. Data were analyzed using the independent sample t-test and descriptive analysis. The result show that there is  no difference in the students’ perceptions of readiness, with a score of 0.171 points. The students who carry out  the internship at the second period  are better than the first period by 0,031 points. There is a relevance between the place of internship and career choices. There is a relevance between the realization of the internship to career choices that are in line with the machining competence, for the first periode the score is 58% and for the second period the score is 50%.


Keywords


Kesiapan, prakerin, pilihan karier; Readiness, industrial internship, career choice

Full Text:

PDF

References


Muh Itsna Novan Muslimin. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Program PI (Prakerin) Siswa Bidang Keahlian Teknik Mesin SMK N 2 Pengasih. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widarto. (2015) Bimbingan Karier dan Tips Berkarier. Yogyakarta: Leutikaprio.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i3.1620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin