PENDIDIKAN SISTEM AMONG PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK TAMAN SISWA YOGYAKARTA

Gopar Taufik, Zainur Rofiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan sistem among pada mata pelajaran sesuai kodrat alam gambar teknik di SMK Tamansiswa Yogyakarta. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi, sedangkan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan pendidikan sistem among dengan konsep bersemboyan Tutwuri Handayani. Tujuan, pedagogik, dan isi pendidikan ialah memerdekakan sesuai kodrat alam menggunakan metode Momong, Among, dan Ngemong melalui cara Ing Ngarsa Asung Tuladha serta Ing Madya Mangun Karsa. Penerapannya di Tripusat Pendidikan dengan Teori Dasar dan Ajar sehingga menjadikan peserta didik Lulusan Meng-Indonesia. Selanjutnya didalamnya terdapat model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran pendidikan sistem among yang diterapkan pada mata pelajaran gambar teknik di SMK Taman Siswa Yogyakarta.

The purpose of this research  is to study the implementation among education systems on the technical drawing subjects in SMK Taman Siswa Yogyakarta. The research methodology being used was descriptive-qualitative. The data collection was done by observation, interview, and documentation. The validity was verified by increasing perseverence and triangulation. Data were analyzed by means of data reduction, data presentation, and conclusion. The result of this research shows the implementation of among education system conveying the motto of Tutwuri Handayani. The purpose, pedagogy, and essence of education is to liberate, in accordance to the laws of nature, by methods of  momong, among, and ngemong in the manners of Ing Ngarsa Asung Tuladha and Ing Madya Mangun Karsa.  The application in the Three Centers of Education by the Teori Dasar dan Ajar have made the school graduates to have an Indonesian character. It cointains the learning model, learning strategy, and learning methods of among education systems applied on the subjects of technical drawing at SMK Taman Siswa Yogyakarta. 


Keywords


Pendidikan sistem among, mata pelajaran gambar teknik, SMK Tamansiswa Yogyakarta; Among system education, technical drawing, three center of education

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ghony, M.D & Almanshur, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wakhinuddin, S. (2009). Pendidikan Kejuruan. Diakses tanggal 14 Maret 2016 dari https://wakhinuddin.wordpress.com/2009/07/21/pendidikan-kejuruan/.

Nugrahaningsih, K.T. (2011). Implementasi Ajaran Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Karakter Siswa. Prosiding. Seminar Nasional Metematika dan Pen-didikan Matematika yang diselenggarakan FMIPA UNY, tanggal 3 Desember 2011. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Samho, Bartolomeus. (2013). Visi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Tantangan dan Relevansi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius (Anggota IKAPI).

Subekti, N.B. (2015). Memaknai Kembali Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Diakses tanggal 05 Desember 2015 dari http:// nasional.sindonews.com/read/980100/162/memaknai-kembali-konsep pendidikan-ki-hadjar-dewantara-1427086654.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tola, B. (2014). Sistem Pendidikan Nasional Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (1): 87.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i2.1617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin