KEADAAN DAN PENGELOLAAN PERALATAN PRAKTIK SISWA DI BENGKEL PENGELASAN SMK 1 SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA

Nopitri Pamungkas, Setya Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan peralatan praktik siswa di bengkel pengelasan SMK 1 Sedayu Bantul Yogyakarta khususnya mengenai ketersediaan, kondisi fungsional, dan pengelolaannya dalam mendukung pelaksanaan praktik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Subyek penelitian adalah pengelola bengkel seperti ketua jurusan, kepala bengkel, petugas alat (toolman), dan guru praktik pengelasan sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah peralatan praktik siswa yang ada di bengkel pengelasan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Validitas instrumen penelitian diperoleh dari judgement ahli dan data dianalisa menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ketersediaan peralatan belum tersedia secara lengkap, skor untuk peralatan utama adalah 87,5%, sedangkan skor untuk peralatan pendukung 89%; 2) Kondisi fungsional peralatan utama (93,75%) dan peralatan pendukung (84,21%) termasuk dalam kategori yang baik dan layak; 3) Pengelolaan peralatan praktik siswa di bengkel pengelasan SMK 1 Sedayu secara keseluruhan termasuk kategori sangat efektif (90%).

This study attempts to know about students’ practice equipment at SMK 1 Sedayu’s welding workshop regarding the completeness, functionality, and management. This study is a descriptive study with survey approach. Subjects of the study were the persons in charge at the workshop (head of the departement, head of the workshop, toolman, and the teacher), while object of this study was the practice equipment. The data collection was done using questionnaire, documentation, observation, and interview. The validity of the instruments was obtained from the experts’ judgement. The data were analysed using descriptive analysis method. Results of this study are: 1) The completeness is not 100%, the score for main equipment is 87.5% and for the supporting equipments is 89%; 2) The functionalty of the main equipments is in good category (93,75%) as well as of the supporting equipments (84,21%); 3) Management of the students’ practice equipments in overall can be categorized as very effective (90%).


Keywords


Pengelolaan peralatan praktik siswa di bengkel pengelasan; Completeness, functionality, management, practice equipment, welding workshop

Full Text:

PDF

References


Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)

Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 tentang Standar Nasional Pendidikan.

M. Taufiq R. (2015). Pengaruh Kelayakan Fasilitas Bengkel dan Prestasi Teori Proses Pemesinan terhadap Prestasi Praktik Bubut Siswa. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 3, Nomor 2.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Wikan M. A. (2011). Pengelolaan Fasilitas Bengkel jurusan Mekanik Otomotif SMK Negeri di Kabupaten Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i2.1612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin