PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PENGELASAN SMAW SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Bagas Putra Wijaya, Heri Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video tutorial sebagai media pembelajaran fabrikasi logam dan mengetahui kelayakan produk media pembelajaran video tutorial untuk mata pelajaran fabrikasi logam. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang disesuaikan dengan model pengembangan 4D. Tahapan dari model pengembangan ini ada 4, yaitu: Pendefinisian, Perancangan, Pengembang, dan Penyebarluasan. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 35 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Klaten. Hasil validasi dari video tutorial: penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase nilai 89,50% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak; penilaian ahli media mendapatkan persentase nilai 77,6% yang termasuk dalam kategori Layak. Video Tutorial yang telah divalidasi digunakan dalam pembelajaran untuk mengetahui respon dari siswa. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase > 75%.

This research aimed to produce video tutorials for metal fabrication learning and to investigate the feasibility of the video tutorials for metal fabrication subjects. This research used Research and Development (R & D) procedure of 4D model. The steps of development model were 4: Define, Design, Develop, and Disseminate. The developed media was tested to 35 students of grade XI SMK Negeri 2 Klaten. The results of validation of video tutorial: the assesment of content expert is 89,50% as Very Feasible category; the assesment of media expert is 77,6% as Feasible category. The validated video tutorials was used for teaching to investigate students respons to the media. The students shows the positive response that is > 75% of each indicator.


Keywords


Penelitian dan pengembangan, video tutorial, media pembelajaran; Research and development, video tutorials, learning media

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i4.15663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin