PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSIPRE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT SMK

Mahda Enja Al Hudha, Dwi Rahdiyanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut pada Kompetensi Dasar 3.1 untuk siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan mengetahui kelayakan media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model four-D (define, design, develop, disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran interaktif Teknik Pemesinan Bubut yang dikembangkan memilki lima menu yaitu: tentang media, petunjuk, materi, evaluasi, dan pustaka. Tombol navigasi utama media diantaranya: home, exit, sound, next, back, cancel, dan daftar isi. Materi dalam media mencakup materi ulir trapesium, ulir cacing, poros eksentrik, dan perlengkapan membubut yang disusun dari kumpulan teks, gambar, audio, video, dan animasi dalam 80 halaman dengan ukuran total 236MB. Kelayakan multimedia termasuk dalam kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,31 dan berdasarkan hasil uji coba pada respon siswa mendapat skor dengan rerata 3,23 dalam kategori layak.

The purposes of this research are to find out the characteristics of developed interactive learning media on Lathe Machining subject in Basic Competency 3.1 for grade XII Mechanical Engineering students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta and knowing the feasibility of the media. The type of research used is R&D (Research and Development) refers to the four-D model (define, design, develop, disseminate). The results showed that the interactive learning media product of the Lathe Machining Subject that was developed had five menus namely: about the media, instructions, material, evaluation, and literature. The main media navigation buttons include home, exit, sound, next, back, cancel, and table of contents. The material in the media includes trapezoidal thread, worm thread, eccentric shaft, and turning equipment material composed of a collection of text, images, audio, video, and animation in 80 pages with a total size of 236MB. The feasibility of multimedia is included in the very feasible category based on the results of validation by experts with a mean score of 3.31 and based on the results of trials on student responses scored with a mean score of 3.23 in the feasible category.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Teknik Pemesinan Bubut, Research and Development; Interactive Learning Media, Lathe Machining, Research and Development

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i4.15662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin