PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PEMESINAN FRAIS UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Rizal Justian Setiawan, Edy Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penelitian dan pengembangan pada multimedia pembelajaran interaktif pemesinan frais untuk siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif pemesinan frais untuk siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model four-D (define, design, develop, desiminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pemesinan frais dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu observasi dan wawancara, melakukan perancangan dengan menyusun parameter penilaian, pemilihan format, pemilihan media dan pembuatan prototipe, melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli media dan ahli materi yang dilanjutkan revisi serta ujicoba lapangan dan melakukan pemaketan media pembelajaran. Kelayakan multimedia termasuk dalam kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,63 dan hasil respon pengguna melalui ujicoba pada guru/pendidik dengan rerata skor 3,55.

The purpose of this research to find out the stages of research and development in Milling Machine interactive learning multimedia for grade XI Mechanical Engineering students of Muhammadiyah Vocational School 3 Yogyakarta and knowing the feasibility of Milling Machine interactive learning multimedia for XI Mechanical Engineering students of Muhammadiyah Vocational School 3 Yogyakarta. The type of research used is R & D (Research and Development) with reference to the four-D model (define, design, develop, desiminate). The results showed that milling machine interactive learning multimedia was developed through several stages, such as Observation and interview, design by compiling evaluation parameters, format selection, media selection and prototyping, carry out development with product validation by media experts and material experts followed by field revisions and trials and packaging learning media. The feasibility of multimedia is included in the very feasible category based on the results of validation by experts with a mean score of 3.63 and the results of user responses through testing on teachers/educators with a mean score of 3.55.


Keywords


Pembelajaran, pemesinan frais, penelitian dan pengembangan; Learning, milling machine, research and development.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v7i2.14929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin