PENGARUH PRAKERIN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA

Irwan Taufik, Badrun Kartowagiran

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 60 siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMKN 3 Yogyakarta yang telah melaksanakan prakerin. Data yang dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi dianalisis menggunakan korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif namun tidak signifikan antara praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai = 0,241 dan p = 0,088. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Ŷ=63,197+0,153X. Sumbangan pengaruh praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja adalah sebesar 5,8%.

The research goal is to describe the effect of industrial work practice on work readiness. This is a descriptive research with a quantitative approach. The population were 60 students of XII grade of mechanical engineering program of SMK Negeri 3 Yogyakarta that have pass an industrial work practice. Data that were collected by questionnaire and documentation analyzed using product moment correlation and simple linear regression. The research result shows that although it is not significant there is a positive effect between industrial work practice and work readiness on XII grade students of mechanical engineering program of SMK Negeri 3 Yogyakarta which indicated by r=0,241 and p=0,088. The simple linear regression analysis resulting an equation Ŷ=63,197+0,153 X. The contribution effect of industrial work practice on work readiness is 5,8%.


Keywords


Pengaruh, Prakerin, Kesiapan kerja; The effect, Industrial work practice, Work readiness

Full Text:

PDF

References


Agus Fitriyanto. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.

Dewa Ketut. (1993). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djohar. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Nuur Wachid A Majid (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Dan Kompetensi TIK Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sofyan Siregar. (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian di Lengkapi Perhitungan Manual dan SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Wardiman Djojonegoro. (1988). Lima Tahun Mengemban Tugas Pengembangan SDM Tantangan yang Tiada Hentinya. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin