HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK DI SMK PIRI SLEMAN

Arif Budianto, Yatin Ngadiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar gambar teknik kelas XI di SMK PIRI Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian expost-facto. Populasi penelitian ini berjumlah 15 siswa tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian sama dengan populasi karena jumlah nya kurang dari 30. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi. Metode pengujian hipotesis menggunakan analisis Uji r dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar gambar teknik dengan rhitung = 0,827 > rtabel 0,512, dan  koefisien determinasi (r2) tersebut adalah 0,623 atau 63,1%. Hasil uji F diperoleh Fhitung = 12,991 > Ftabel 3,80.

This study aimed at determining the relationship of learning styles and activeness of learning against learning achievement technical drawing of grade XI at SMK PIRI Sleman. The population of this expost-facto research are 15 students of academic year 2015/2016. The research sample is same as to the population because it is less than 30. The data were collected using a questionnaire and then analyzed with a descriptive and regression analysis. Hypothesis was tested using r-test and F-test analysis. The results indicates that there is a positive relationship between learning styles and learning activeness against learning achievement of drawing technique with rcount = 0.827 > rtable = 0,512 and the determination coefficient (r2) is 0,623 or 63,1%. F test results obtained Fcount = 12,991 > Ftable = 3,80.


Keywords


Gaya belajar, keaktifan belajar, dan prestasi belajar; Learning styles, learning activeness, and learning achievement

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional pendidikan (BNSP). (2012/2013). Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional. Diakses tanggal 01 Juni 2015 dari http://kemdikbud.go.id/dokumen/un2013/POS-KOREKSIAN-05-02-2013.pdf

Permendiknas Nomor. 22. (2006). Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses 1 Juni 2015 http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Permendiknas%20No%2022%20Tahun%202006.pdf

Permendiknas Nomor 34. (2010). Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan oleh Pemerintah. Diakses tanggal 01 Juni 2015 dari http://hukum.unsrat.ac.id/men/mendiknas2010_34.pdf

Riya Ariyanti. (2010). Hubungan Lingkungan Belajar dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhamadiyah 1 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tika Purnamaningsih. (2012). Hubungan Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun 2011/2012. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin