IMPLEMENTASI MODEL EXAMPLE-NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Eric Yonatan, Moch Bruri Triyono

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Example-Non-Example terhadap tingkat keaktifan siswa serta hasil belajar kelas X TFL dalam pelajaran Teknologi Mekanik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdapat empat tahapan dalam setiap siklusn yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non-Example dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Demikian pula, rata-rata skor hasil belajar meningkat dari 7,34 menjadi 7,72 dan ini diatas nilai KKM.

This study was conducted to determine the effect of the implementation of Example-Non-Example model to enhance the student activity and learning outcomes of X grade TFL on the mechanic technology subject. This Class Action Research (CAR) refers to the spiral model of Kemmis and Taggart, which there are four stages in every cycle that consist of planning, action, observation, and reflection. The research result is proven that the implementation of the learning model of Example-Non-Example could enhance the student activity and learning outcomes. The student activity increase from only 58.45% become 73.67%. Similarly, the average score of learning outcomes is increase from 7.34 to 7.72 and it is above the minimum score.


Keywords


Implementasi, model example-non-example, keaktifan siswa, hasil belajar, teknologi mekanik; Implementation, example-non-example model, student activity, learning oucomes, mechanic technology

Full Text:

PDF

References


Aan Surya Putra. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Mekanik Dasar Kelistrikan Kelas X Di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Abdul Akbar K. (2010). Penerapan Metode Pembelajaran Examples Non-Examples dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI Semester IIdi SD N Purana UPPK Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Diakses tanggal 5 Oktober 2015 dari http://www.repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1051/Jurnal%20EKAMAYANTI.pdf?squence=1

Djamarah dan Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hary Kurniadi. (2010). Keefektifan Model Pembelajaran Example Non-Example terhadap Hasil Belajar Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Randung 4 Kota Tegal. Skripsi, tidak dipublikasikan. UNNES.

Kardi & Nur. (2000). Pengajaran Langsung. Diktat. Surabaya: UNESA.

Nurul Astuty. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 24-35.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v4i1.1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin