PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMKN 2 KLATEN

Fajar Sidik Aryanto, Pardjono .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk mata pelajaran Gambar Teknik Dasar kelas X TFLM di SMKN 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation namun tidak dilaksanakan sampai tahap evaluasi karena keterbatasan waktu. Pengambilan data dilakukan pada 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran Gambar Teknik Dasar. Hasil validasi media pembelajaran menurut ahli materi mendapatkan persentase nilai 81,25% dengan kategori sangat layak; hasil validasi media pembelajaran menurut ahli media mendapatkan persentase nilai 82,75% dengan kategori sangat layak; hasil validasi media pembelajaran menurut praktisi pembelajaran Gambar Teknik Dasar mendapatkan persentase nilai 85,25% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil respon siswa menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentasi ≥ 70% pada setiap aspeknya.

This research aimed to develop learning media Android-based application Basic Engineering Drawings for year X Vocational Students of Metal Fabrication at SMK Negeri 2 Klaten. This research used Research and Development (R & D) procedure of ADDIE model. The steps of development model were 5, include Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation, however the steps of evaluation was not completed due to the time constraint. Data was collected from 35 students. The results showed that the media that has developed is feasible for used as a learning media Basic Engineering Drawings. The results of validation of application is that, the appraisal of material expert is 81,25% at very feasible category; the appraisal of media expert is 82,75% at very feasible category; the appraisal of teacher is 85,25% at very feasible category. The students shows the positive response that is ≥ 70% of each indicator.


Keywords


ADDIE, Gambar Teknik Dasar, Media Pembelajaran; ADDIE, Basic Engineering Drawings, Learning Media

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i4.11932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin