PENGEMBANGAN DIKTAT LAS OKSI ASETILEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Muhammad Ghozali Nasir, Riswan Dwi Djatmiko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif informasi perkembangan penelitian pendidikan dalam pengembangan bahan ajar inovatif diktat las oksi asetilen dan memudahkan siswa dalam memahami materi las oksi asetilen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal test dengan sampel 30 siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif kuantitatif dalam bentuk distribusi skor. Hasil penelitian didapatkan skor dari dua aspek penilaian oleh ahli materi adalah 4,4. Ahli media memberikan skor dari tiga aspek penilaian sebesar 4,7 . Hasil respon siswa terhadap diktat las oksi asetilen menghasilkan rerata skor sebesar 4,0. Keseluruhan penilaian mendapat  rerata skor 4,3 dengan kategori sangat baik digunakan sebagai diktat pembelajaran.

The purposes of this research were to provided an alternative information on the development of educational research in the development of innovative teaching oxy acetylene welding textbook and facilitate students in understanding the oxy acetylene welding lesson. Data were collected use by questionnaires and test questions with a sample of 30 students of class X of Engineering Department of SMK Muhammadiyah Prambanan. Data were analyzed use by descriptive quantitative technique in the form of score distribution. The results obtained scores from two aspects of assessment by the materi expert is 4.4. The media expert scores three aspects of the assessment of 4.7. Results of student responses to the oxy acetylene welding textbook yield average score of 4.0. The overall scoring gets the average score of 4.3 with the category very good used as a learning textbook.


Keywords


Diktat, bahan ajar, las oksi asetilen; Textbook, teaching materials, oxy acetylene welding

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v6i2.11883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin