EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA VNC VIEWER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PRESENTASI VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Andina Wahyu Winjani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran materi presentasi video pada aspek kognitif, perbedaan hasil kompetensi presentasi video yang ditinjau dari aspek kognitif, aspek psikomotor, dan aspek afektif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini meggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan design Non-Equipvalent Control Group Design. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta sejumlah 63 orang dari kelas X TL 1 dan kelas X TL 2. Kelas X TL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi dan LKS. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, uji-t, dan uji-u. Hasil penelitian diketahui bahwa bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer dengan metode pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek psikomotor antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional, dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek afektif antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan media VNC Viewer dengan metode pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas pembelajaran, Jigsaw, media VNC Viewer

 

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of learning material of presentation video on the cognitive aspects of using learning model Jigsaw with media VNC Viewer, differences in the results of the competence of video presentation in terms of cognitive, aspects psikomotor, and affective aspect between classes using model Jigsaw with learning methods conventional. This research using of quasi-experimental research design Non-Equipvalent Control Group Design. The subjects of this study are students of SMK Negeri 3 Yogyakarta with 63 people from class X TL 1 and class X TL 2. Class X TL 1 as an experimental class and class X TL 2 as the control class. Data collection techniques using tests, observation and LKS. The data analysis technique is descriptive analysis, t-test, and test-u. The survey results that the class is using model Jigsaw with media VNC Viewer more effective when compared to the class using conventional methods, there are significant differences in the cognitive aspects and psychomotor aspects between classes that using model Jigsaw with conventional teaching methods, and there were no significant differences in the affective aspect between classes using model Jigsaw with media VNC Viewer with conventional teaching methods.

 

Keywords:  learning effectiveness, Jigsaw, VNC Viewer

Full Text:

413-424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.