EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP PEMBELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MEKATRONIKA SMKN 2 SUKOHARJO

Angger Cahyo Nugroho

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar metode konvensional pada pembelajaran Teknik Elektronika, (2) Hasil belajar metode Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran Teknik Elektronika, (3) Perbedaan hasil belajar antara metode konvensional dan TGT pada pembelajaran Teknik Elektronika, (4) Metode TGT lebih efektif dibandingkan hasil metode konvensional pada pembelajaran Teknik Elektronika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental menggunakan desain penelitian non-equivalent control group desain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional pada ranah kognitif (83,07), psikomotor (82,36), dan afektif (79,05); (2) Hasil belajar siswa menggunakan metode TGT pada ranah kognitif (92,8), psikomotor (87,07), dan afektif (88,15); (3) Perbedaan penggunaan metode TGT dibandingkan dengan metode konvensional dapat ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu ranah kognitif (6,706>2,00), psikomotor (8,763>2,00), dan afektif (11,67>2,00); (4) Metode TGT lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional yang dapat ditunjukkan dengan rerata nilai skor gain kelompok eksperimen dari ranah kognitif (0,88), psikomotor (0,36), dan afektif (0,54), Serta rerata nilai skor gain kelompok kontrol dari ranah kognitif (0,68), psikomotor (0,04), dan afektif (0,14).
Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games
Abstract
This study aims to determine: (1) The results of study the conventional method in teaching learning process of Electronic Engineering, (2) The results of Teams Games Tournament (TGT) methods inteaching learning process of Electronic Engineering, (3) The difference between the conventional method and learning TGT of learning outcomes Electronic Engineering, (4) TGT method is more effective than conventional methods in teaching learning process of Electronics Engineering. The results of this study indicate that: (1) The results of student learning using conventional methods in the cognitive (83,07), psychomotor (82,36), and affective (79,05); (2) The results of student learning using TGT in the cognitive (92,8), psychomotor (87,07), and affective (88,15); (3) Different uses TGT method compared to the conventional method can be shown from tcount greater than ttable namely cognitive (6,706>2,00), psychomotor (8,763>2,00), and affective (11,67>2,00); (4) TGT method is more effective than the conventional method which can be shown by the mean value of the gain scores of the experimental group cognitive (0,88), psychomotor (0,36), and affective (0,54), As well as the mean value of the gain scores of the control group cognitive (0,68), psychomotor (0,04), and affective (0,14).
Keywords: Effectiveness of Teaching &Learning, Cooperative Learning, Teams Games
Tournament (TGT)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.