PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 2 PENGASIH

Hani Yashi Fadhilah, Nurhening Yuniarti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) kebiasaan belajar terhadap prestasi hasil belajar, 2) fasilitas belajar terhadap prestasi hasil belajar, 3) pemanfaatan internet terhadap prestasi hasil belajar, 4) kebiasaan belajar, fasilitas belajar, dan pemanfaatan internet  secara bersama-sama terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian TIPTL SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar siswa. Hasil perhitungan menunjukkan thitung 5,431 > ttabel 1,998. 2) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar siswa. Hasil perhitungan menunjukkan thitung 5,306 > ttabel 1,998. 3) Pemanfaatan internet berpengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar siswa. Hasil perhitungan menunjukkan  thitung  6,196 >  ttabel 1,998. 4) Kebiasaan belajar, fasilitas belajar, dan pemanfaatan internet secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi hasil belajar siswa. Hasil perhitungan menunjukkan harga Fhitung 17,967 > Ftabel 2,75. Konstribusi variabel kebiasaan belajar, fasilitas belajar, dan pemanfaatan internet terhadap prestasi hasil belajar sebesar 47,7%, sedangkan sisanya 52,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: : Kebiasaan belajar, fasilitas belajar, pemanfaatan internet, prestasi hasil belajar

 

 

 

 

Abstract

This research aims to find out the influence  of: 1) learning habits to learning achievement, 2) learning facilities to learning achievement, 3) internet utilization to  learning achievement, 4) studying habits, learning facilities, and internet using together to the achievement of student learning outcomes at  X Class TIPTL study program SMK N 2 Pengasih. This research is an ex-post facto research with quantitative approach. Respondents in this study amounted to 63 students. The data were collected by using questionnaires. Data analysis techniques used simple linear regression analysis and multiple regression analysis. The research result are follows: 1) learning habits have a positive effect to the achievement of student learning outcomes. The calculation result shows (tcount 5.431> ttable 1.998). 2) Learning facilities have a positive effect to student achievement. The calculation result shows (tcount 5.306> ttable 1.998). 3) Utilization of the internet has a positive effect to the achievement of student learning outcomes. The calculation results show (tcount 6.196> ttable 1.998). 4) Learning habits, learning facilities, and internet using together positively affect to the achievement of student learning outcomes. The analysis  shows (Fcount of 17.967> Ftable 2.75). Contribution of learning habit, learning facility, and internet utilization to achievement of learning result equal to 47.7%, while the rest 52.3% influenced by another factor.

 

Keywords: study habits, learning facilities, internet utilization, achievement of learning outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.