EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN MEKANIK DASAR KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Berlian Puspa Hasanah, Sunaryo Soenarto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1), perbedaan pencapaian kompetensi ranah kognitif, siswa yang mengikuti model Discovery Learning lebih baik daripada yang mengikuti model konvensional, (2), perbedaan pencapaian kompetensi ranah afektif, siswa yang mengikuti model Discovery Learning lebih baik daripada yang mengikuti model konvensional, (3), peningkatan pencapaian kompetensi ranah kognitif, siswa yang mengikuti model Discovery Learning dengan siswa yang mengikuti model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1), terdapat perbedaan yang signifikan pada capaian kompetensi ranah kognitif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning ( ̅XDIS = 61,25) dengan model pembelajaran konvensional ( ̅XKONV = 51,00), dengan Phitung= 0,004 < α = 0,05. (2), terdapat perbedaan yang signifikan pada capaian kompetensi ranah afektif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning ( ̅XDIS = 84,06) dengan model pembelajaran konvensional ( ̅XKONV = 72,00), dengan Phitung= 0,004 < α = 0,05. (3), Terdapat peningkatan capaian kompetensi ranah kognitif siswa akibat penggunaan model pembelajaran discovery learning, dibuktikan dengan perhitungan skor gain sebesar 0,2906 untuk kelas eksperimen yang dikategorikan rendah, lebih tinggi dibandingkan skor gain kelas konvensional sebesar 0,2543.

Kata kunci: Kompetensi Dasar, Discovery Learning, Pembelajaran Konvensional, Perbedaan, Peningkatan

 

 

 

 

Abstract

This study aims to determine : (1), achievement differences of cognitive domain competencies, students who use the Discovery Learning model is better than using the conventional model, (2), achievement differences of affective domain competencies, students who use the Discovery Learning model better than those using the conventional model, (3), improvement of cognitive domain competency achievement, students who use the Discovery Learning model with students using the conventional model. This research is a quasi experiment research. The result of this research shows that: (1), there is a significant difference in the achievement of cognitive domain competence among students who used discovery learning model (̅XDIS = 61,25) with conventional learning model (̅XKONV = 51,00), with Pcount = 0,004 < α = 0.05. (2), there is a significant difference in the achievement of the affective domain competence between the students used discovery learning model (̅XDIS = 84.06) with the conventional learning model (̅XKONV = 72.00), with Pcount = 0.004 <α = 0.05 . (3). There is an improvement of students' cognitive competency achievement as a result of the use of discovery learning model, as evidenced by the calculation of the gain score of 0.2906 for the low categorized of experimental class, higher than the conventional class with gain score of 0.2543.

 

Keywords: Basic Competencies, Discovery Learning, Conventional Learning, Difference, Enhancement


Full Text:

240-248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.