PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI XBEE DAN WIFI PADA ROBOT PELACAK BOM UNTUK MATA KULIAH PRAKTIK ROBOTIKA

Haris Imam Karim, Herlambang Sigit Pramono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) unjuk kerja media pembelajaran komunikasi Xbee dan Wifi menggunakan Graphical User Interface (GUI), dan (2) tingkat kelayakan media pembelajaran komunikasi Xbee dan Wifi untuk mahasiswa Pendidikan Teknik Mekatronika UNY ditinjau oleh para ahli dan pengujian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan berdasarkan langkah-langkah yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch, di antaranya: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subyek penelitian yaitu media pembelajaran komunikasi Xbee dan Wifi, yang diujikan pada ahli, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen angket. Pengujian validitas setiap instrumen menggunakan uji validitas konstruk sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha.  Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) media pembelajaran berbentuk robot tank pengelak halangan yang dapat menangkap citra visual melalui perintah dari GUI. (2) aspek kelayakan pengguna diperoleh nilai rerata kelayakan 53,65 dengan presentase 78,89%.

Kata kunci: media pembelajaran, komunikasi xbee dan wifi, user interface.

 

 

 

Abstract

The purpose of this research: (1) performance of learning media of Xbee and Wifi communication using Graphical User Interface; and (2) Feasibility level of learning media for Mechatronic Engineering Education Student observed by experts and field testing. This research used a type of research and development method based on the steps proposed by R.M. Branch: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The research subjects are learning media of Xbee and Wifi communication, which is tested by experts judgment, and students of Mechatronics Engineering Education Program. Data collected used questionnaire instrument. Testing the validity of each instrument used construct validity test while the reliability of the instrument used the alpha formula. The results: (1) learning media in the form of robot tank obstacle hitch can capture the visual image, (2) the score of the user feasibility test is 53.65 with a percentage of 78.89%.

 

Keywords: learning media, xbee and wifi communication, user interface.


Full Text:

158-168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.