PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENSOR DAN TRANSDUSER BERBASIS PC DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR-SENSOR PADA SMARTPHONE ANDROID

Rian Majid Permana, Ilmawan Mustaqim

Abstract


Abstrak

Penelitian mengenai media pembelajaran Sensor dan Transduser dengan menggunakan sensor-sensor pada smartphone Android ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui: (1) rancang bangun, (2) unjuk kerja, dan (3) kelayakan media  berdasarkan ahli materi, ahli media, dan pengguna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan kombinasi konsep ADDIE dan waterfall. Pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen angket diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Wisnu Tri Nugroho pada tahun 2015. Kelayakan media pembelajaran diuji oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Analisis data dilakukan dengan dengan menggunakan teknik deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) dibutuhkan media pembelajaran Sensor dan Transduser berbasis PC dengan menggunakan sensor-sensor pada smartphone Android, (2) hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rerata total 68.75% dengan kategori layak, (3) hasil penilaian menurut ahli media memperoleh rerata skor total 84.28% dengan kategori sangat layak, (4) hasil penilaian menurut pengguna memperoleh rerata skor 84.80% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Sensor dan Transduser, ADDIE, waterfall, sensor Android.

 

 

 

Abstract

Research about Sensors and Transducers learning media used Android smartphone sensors was done for the purpose: (1) to design, (2) to find out the performance, and (3) to determine the feasibility according to subject matter experts, media experts, and users. This research used research and development combination concepts of ADDIE and waterfall. Data collecting used questionnaires. Questionnaires adopted from the research conducted by Wisnu Tri Nugroho in 2015. Feasibility learning media was tested by two matter experts and two media experts. Data analysis was performed by used descriptive and quantitative techniques. The survey results revealed that: (1) required Sensors and Transducers learning media used Android smartphone sensors, (2) the assessment results of material expert obtained total mean score of 68.75% with a category feasible, (3) assessment results of media expert obtain a total mean score of 84.28% with a very feasible category, (4) assessment results of the users obtained a mean score of 84.80% categorized as very feasible to use as a learning media.

 

Keywords:  Learning Media, Sensors and Transducers, ADDIE, waterfall, Android sensors.


Full Text:

148-157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.