PENGEMBANGAN GAME AKUNTANSI BERBASIS RPG MAKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

Adetia Ratih Pratiwi, Endra Murti Sagoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game akuntansi berbasis RPG Maker sebagai media pembelajaran akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Tujuan yang kedua adalah mengetahui kelayakan game akuntansi berbasis RPG Maker. Penilaian kelayakan tersebut meliputi penilaian ahli materi, ahli media, guru, dan siswa.Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, praktisi serta siswa SMK Negeri 1 Karanganyar. Objek dalam penelitian ini adalah game akuntansi berbasis RPG Maker. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tahapan dalam pengembangan game akuntansi berbasis RPG Maker ini meliputi empat tahap yaitu: 1) Define atau tahap pendefinisian, 2) Design atau tahap perancangan, 3) Develop atau tahap pengembangan, dan 4) Disseminate atau tahap penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan game akuntansi berbasis RPG Maker sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai rata-rata 4,06 yang termasuk dalam kategori Layak, ahli materi diperoleh nilai rata-rata 4,45 termasuk dalam kategori Sangat Layak, guru Akuntansi diperoleh nilai rata-rata 4,36 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan uji validasi siswa sebesar 4,51 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak.

 

Kata kunci: Game Akuntansi, RPG Maker, Media Pembelajaran 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.