IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Yulia Nur Istiqomah, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskitif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 63,44% menjadi 86,33% pada siklus II atau meningkat sebesar 22,89%. Pada siklus I, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pretest sebesar 62,07 meningkat menjadi sebesar 81,90 pada posttest atau meningkat sebesar 19,83. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pretest sebesar 60,50 meningkat menjadi sebesar 83,97 pada posttest atau meningkat sebesar 23,47. Ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 24,14% menjadi 72,41% atau meningkat sebesar 48,27%. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi meningkat dari 23,33% menjadi 83,33% atau meningkat sebesar 60,00%.

 

Kata kunci:  Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.