PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Septi Nur Hayani, Rr. Indah Mustikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 3) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan; 4) Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi  Belajar  Siswa  secara  bersama-sama  terhadap  Prestasi  Belajar  Siswa Kelas X dan XI Akuntansi di SMK 17 Seyegan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx1y= 0,755; koefisien determinasi r2x1y= 0,570; dan thitung= 7,096 > ttabel= 1,68595; 2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx2y= 0,691; koefisien determinasi r2x2y= 0,478; dan thitung= 5,901 > ttabel= 1,68595; 3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx3y= 0,775; koefisien determinasi r2x3y= 0,601; dan thitung= 7,558 > ttabel= 1,68595; 4) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Internet, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan koefisien korelasi rx(1,2,3)y= 0,804; koefisien determinasi r2x(1,2,3)y= 0,648; dan Fhitung= 21,867 > Ftabel= 2,87.

Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, Pemanfaatan  Internet,  Lingkungan  Teman Sebaya, Motivasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.