PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Rahma Febrianti, Sukanti Sukanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan N=30. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2)= 0,741; R2y(1,2)= 0,550; Fhitung= 43,935; Ftabel= 3,124 dan signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 67,55% dan Sumbangan Efektif 37,15%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar 32,45% dan Sumbangan Efektif sebesar 17,85%.

 Kata kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.