IMPLEMENTASI TEAM ACCELERATED INSTRUCTION BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI AKUNTANSI (TTA) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Anggrahini Dwi Puspitosari, Endra Murti Sagoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada kompetensi memproses dokumen dana kas kecil siswa kelas X Akuntansi SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2015/2016 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction berbantu media Teka-Teki Akuntansi (TTA). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan berbantu media. Pada penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction berbantu media TTA menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tes pada siklus I diketahui terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari pre test ke post test sebesar 20,84%, yaitu dari pre test 20,83% kemudian menjadi 41,67% pada saat post test. Pada siklus II juga terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 41,67% yang ditunjukkan dari hasil pre test 45,83% menjadi 87,5% pada post test.

Kata kunci: Team Accelerated Instruction, Teka-Teki Akuntansi, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.