PENGARUH EFIKASI DIRI, PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNY ANGKATAN 2019 DAN 2020

Qoni’atur Rohmah, Isroah Isroah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2019 dan 2020, 2) Mengetahui pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2019 dan 2020, 3) Mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2019 dan 2020, 4) Mengetahui pengaruh Efikasi Diri, Persepsi mahasiswa tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2019 dan 2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 147 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari uji regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru dengan koefisien regresi sebesar 0,165, nilai sig. 0,010 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru dengan koefisien regresi sebesar 0,237, nilai sig. 0,015 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru dengan koefisien regresi sebesar 0,325, nilai sig. 0,005 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh positif Efikasi Diri, Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,664, koefisen determinasi sebesar 0,441, Fhitung > Ftabel (27,128 > 2,690), sumbangan relatif Efikasi Diri sebesar 22,88%, sumbangan relatif Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru sebesar 32,32%, sumbangan relatif Lingkungan Keluarga sebesar 44,80% dan sumbangan efektif sebesar 44,11%.

Kata kunci: Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru, Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.