PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, LITERASI DIGITAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FE UNY ANGKATAN 2018 DAN 2019

Agus Hardika, Isroah Isroah

Abstract


Pengaruh Ketersediaan Fasilitas, Literasi Digital, dan Motivasi Belajar terhadap Efektivitas Perkuliahan Daring pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2018 dan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ketersediaan Fasilitas, Literasi Digital, dan Motivasi Belajar terhadap Efektivitas Perkuliahan Daring pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY Angkatan 2018 dan 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Adapun uji hipotesis dilakukan melalui pengujian regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Ketersediaan Fasilitas terhadap Efektivitas Perkuliahan Daring yang ditunjukkan oleh koefisien regresi (rx1) sebesar 0,235 dan nilai Sig. 0,015 < 0,05. 2) terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan variabel Literasi Digital terhadap Efektivitas Perkuliahan Daring yang ditunjukkan oleh koefisien regresi (rx2) sebesar 0,096 dan nilai Sig. 0,192 > 0,05. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Motivasi Belajar terhadap Efektivitas Perkuliahan Daring yang ditunjukkan oleh koefisien regresi (rx3) sebesar 0,334 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Ketersediaan Fasilitas, Literasi Digital, dan Motivasi Belajar secara simultan terhadap Efektivitas Perkuliahan Daring yang ditunjukkan oleh koefisien regresi (R) sebesar 0.677, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,458 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Kata kunci: Ketersediaan Fasilitas, Literasi Digital, Motivasi Belajar, Efektivitas Perkuliahan Daring.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.