PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, TEMAN KULIAH, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PILIHAN KARIR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Azka Bima Satria, Rr. Indah Mustikawati

Abstract


Pengaruh Kebiasaan Belajar, Teman Kuliah, Perhatian Orang Tua terhadap Pilihan Karir Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Kebiasaan Belajar terhadap Pilihan Karir Mahasiswa, (2) Teman Kuliah terhadap Pilihan Karir Mahasiswa, (3) Perhatian Orang Tua terhadap Pilihan Karir Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2017 yang belum lulus dan angkatan 2018 sejumlah 40 mahasiswa. Uji asumsi klasik meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif.. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Pilihan Karir Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY dengan nilai t sebesar -0,659 dan nilai sig 0,514 > 0,05 dan persamaan regresi yaitu Y = 23,459 - 0,127X1. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Teman Kuliah terhadap Pilihan Karir Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY dengan nilai t sebesar 2,319 dan nilai sig 0,026 < 0,05 dan persamaan regresi yaitu Y = 23,459 + 0,352X2. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Pilihan Karir Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY dengan nilai t sebesar 2,597 dan nilai sig 0,014 < 0,05 dan persamaan regresi yaitu Y = 23,459 + 0,320X3.

Kata kunci: Pilihan Karir Mahasiswa, Kebiasaan Belajar, Teman Kuliah, Perhatian Orang Tua


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.