PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS, KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PRAKTIK KEPENDIDIKAN (PK) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

YOGA KARUNIAWAN, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kemampuan bahasa Inggris, kemampuan teknologi informasi dan Praktik Kependidikan (PK) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatif komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi terdiri dari 146 mahasiswa pendidikan akuntansi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online dan nilai mata kuliah yang relevan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitiatif. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan bahasa Inggris berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi, hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik berupa t-hitung 3.878 koefisien regresi 0.283 dan nilai signifikansi 0.000<0,05; (2) kemampuan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi, hal ini dibuktikan dengan t-hitung 4.132 koefisien regresi 0.303 dan nilai signifikansi 0.000<0,05; dan (3) Praktik Kependidikan (PK) berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi, hal ini dibuktikan dengan t-hitung 3.127, koefisien regresi 0.242 dan nilai signifikansi 0.002<0,05.

Kata kunci: Kemampuan Bahasa Inggris, Kemampuan Teknologi Informasi, Praktik Kependidikan (PK), Kesiapan Menjadi Guru Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.