PENGARUH MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PRAKTIK KEPENDIDIKAN (PK) PADA MASA PANDEMI COVID-19

Shinta Ayu Juwitaatin, Abdullah Taman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Micro Teaching terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kependidikan (PK) Pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2017. (2) Pengaruh Bimbingan Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Praktik Kependidikan (PK) Pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2017. (3) Pengaruh Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong secara simultan terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kependidikan (PK) Pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2017.

Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi kependidikan FE UNY sejumlah 168, sedangkan sampel yang diteliti adalah 118 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner penelitian yang diberikan secara daring melalui Formulir Google. Uji prasyarat analisis yang dilakukan berupa uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, sedangkan Uji Hipotesis dilakukan menggunakan Uji Regresi Ganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Micro Teaching terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kependidikan (PK) yang ditunjukan oleh koefisien regresi 0,660 dan nilai sig. 0,000. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Bimbingan Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kependidikan (PK) yang ditunjukan oleh koefisien regresi 0,325 dan nilai sig. 0,000. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong secara simultan terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Praktik Kependidikan (PK) yang ditunjukan oleh koefisien regresi 0,817, koefisien determinasi 0,668 atau 66,8%, F hitung 115,682 dan nilai sig. 0,000.

 

Kata kunci: Micro Teaching, Bimbingan Guru Pamong, Kemampuan Mengajar

Mahasiswa Praktik Kependidikan (PK)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.