PENINGKATAN COLLABORATION SKILL DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN GAME EDUKASI

Nurlaela Nurlaela, Sukirno Sukirno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Collaboration Skill dan prestasi belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Kelas X AKL 1 SMK N 1 Bawang Tahun Ajaran 2020/2021 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Android. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X AKL Tahun Ajaran 2020/2021 Sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) rata-rata skor Collaboration Skill Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian pada siklus I sebesar 67,15% dan pada siklus II mencapai 90,48% atau terjadi peningkatan sebesar 23,33%. 2) Sedangkan skor rata-rata Hasil Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian, nilai Pre Test siklus I sebesar 54,91 sedangkan Post Test sebesar 79,74  atau mengalami peningkatan sebesar 24,82. Pada siklus II, rata-rata Pre Test sebesar 62,51 dan rata-rata Post Test sebesar 93,65 atau mengalami peningkatan sebesar 31,14, dengan demikian peningkatan nilai rata-rata kelas apabila dilihat dari hasil Post Test siklus I ke siklus II adalah sebesar 7,88. Apabila dilihat dari kriteria ketuntasan minimal pada siklus I hasil Post Test menunjukkan siswa yang tuntas sebesar 57,14% sedangkan pada hasil Post Test siklus II meningkat menjadi 100%. Hal ini berarti ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 42,86%. Penelitian ini membuktikan bahwa Implementasi Model pembelajaran Jigsaw dengan Media Pembelajaran Game Edukasi berbasis Android dapat meningkatkan Collaboration skill dan Hasil Belajar siswa Pada Kompetensi Akuntansi Dasar

Kata kunci: Tipe Jigsaw, Collaboration Skill, Game Edukasi, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.