THE INFLUENCE OF DIGITAL LITERACY, LEARNING DISCIPLINE, AND LEARNING INDEPENDENCE TOWARDS SUCCESSFUL DISTANCE LEARNING IN BASICS OF ACCOUNTING SUBJECTS

Kintan Sekar Ayu, Adeng Pustikaningsih

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Literasi Digital terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Dasar-dasar Akuntansi; (2) Disiplin Belajar terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Dasar-dasar Akuntansi; (3) Kemandirian Belajar terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Dasar-dasar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pedan Tahun Ajaran 2020/2021 sejumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Literasi Digital terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai thitung 3,928> ttabel 1,983,  signifikansi 0,000<0,05, dan nilai r=0,426; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,385> ttabel 1,983, signifikansi 0,019<0,05), dan nilai r=0,343; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Dasar-dasar Akuntansi dengan nilai thitung sebesar 2,055 > ttabel 1,983, signifikansi 0,042<0,05, dan nilai r=0,219. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sumbangan Relatif (SR) variabel Literasi Digital sebesar 49,18%, Disiplin Belajar sebesar 24,56%, dan Kemandirian Belajar sebesar 26,26%. Sumbangan Efektif (SE) dari ketiga variabel sebesar 55,9%. Sedangkan 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Kata kunci: Literasi Digital, Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar, Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh Dasar-dasar Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.