EVALUASI PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN “XYZ” TAHUN AJARAN 2019/2020

Chandra Bagus Dwi Wardana, Isroah Isroah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Informasi Tentang Pembelajaran Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas 10 di SMK “XYZ” Tahun Ajaran 2019/2020, dan 2) Informasi Terkait Langkah-langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik yang Meliputi Mengamati, Menanya, Mengasosiasi, Mencoba, dan Menemukan Jejaring pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas 10 di SMK “XYZ” Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian ini adalah penelitian evaluasi kualitatif dengan Model Evaluasi Goal Free Evaluation. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Langkah dari analisis tersebut dimulai dengan pengumpulan data, kemudian pengembunan data, lalu langkah selanjutnya adalah verifikasi dan kesimpulan, dan langkah terakhir adalah presentasi data.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) a) Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kepada peserta didik sudah sesuai dengan kondisi dan situasi peserta didik,  b) Sumber daya manusia dari sisi guru sudah memiliki bekal untuk menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik akan tetapi dari sisi peserta didik mengalami kendala jika pembelajaran pendekatan saintifik diterapkan, c) Fasilitas pendukung untuk pembelajaran pendekatan saintifik masih minim, 2) Belum seluruh langkah-langkah dalam pembelajaran pendekatan saintifik dapat diaplikasikan untuk peserta didik karena keterbatasan kemampuan penerimaan peserta didik.

 

Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Dasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.