PENGARUH MINAT BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PUNDONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Astri Rita Isnaeni, Isroah Isroah

Abstract


Abstrak: Pengaruh Minat Belajar, Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pundong Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pundong Tahun Ajaran 2020/2021 sejumlah 117 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling, yaitu sejumlah 91 siswa. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai thitung 2,283 > ttabel 1,988, Sig. 0,025 < 0,05, dan koefisien regresi 0,204. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai thitung 2,417 > ttabel 1,988, Sig. 0,018 < 0,05, dan koefisien regresi 0,177. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai thitung 8,934 > ttabel 1,988, Sig. 0,000 < 0,05, dan koefisien regresi 0,860. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar, Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai Ry(1,2,3) 0,847, R2y(1,2,3) 0,717, Fhitung 73,513 > Ftabel 2,709, dan Sig. 0,000 < 0,05.

Kata kunci: Minat Belajar, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.