PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Wieldan Nur Heland, Sukirno Sukirno

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Pengaruh (1) Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020; (2) Peran Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020; (3) Kemandirian Belajar dan Peran Teman Sebaya secara simultan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020.

Metoda penelitian ini adalah Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kemandirian Belajar dan variabel Peran Teman Sebaya. Sedangkan Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel Prestasi Belajar Akuntansi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan  0,294 dan  0,86; (2) Terdapat pengaruh positif Peran Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan  0,297 dan  0,88; (3) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar dan Peran Teman Sebaya secara simultan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020 dibuktikan    = 0,366 dan  = 0,134.

Kata kunci: Kemandirian Belajar, Peran Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.