PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKL

Aulia Widi Astuty, Abdullah Taman

Abstract


Abstrak: Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, (2) pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, (3) pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, (4) pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji Prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx1y = 0,460, r2x1y = 0,212 dan thitung 3,023 > ttabel 2,032, (2) terdapat pengaruh positif Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx2y = 0,510, r2x2y = 0,260 dan thitung 3,453 > ttabel 2,032, (3) terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan dengan rx3y = 0,354, r2x3y = 0,126 dan thitung 2,209 > ttabel 2,032, (4) terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dibuktikan Ry(1,2,3) = 0,667, R2y(1,2,3) = 0,445 dan Fhitung 8,566 > Ftabel 2,90. Sumbangan Relatif (SR) Lingkungan Teman Sebaya sebesar 27,35%, Lingkungan Sekolah sebesar 40,26%, dan Minat Belajar sebesar 32,39%. Sumbangan Efektif (SE) total sebesar 44,5% yang terdiri dari 12,17% Lingkungan Teman Sebaya, 17,92% Lingkungan Sekolah dan 14,41% Minat Belajar.

Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Lingkungan Sekolah, Minat Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.