FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Zulfa Khoirani, Abdullah Taman

Abstract


Abstrak: Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (2) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (3) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (4) Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Facto. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X dan XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 72 siswa. Uji prasyarat analisis adalah uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai rx1y = 0,387 dan r2x1y = 0,150 serta thitung > ttabel (3,509 > 1,667) (2) terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai rx2y = 0,469 dan r2x2y = 0,220 serta thitung > ttabel (4,448 > 1,667) (3) terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai rx3y = 0,476 dan r2x3y = 0,227 serta thitung > ttabel (4,533 > 1,667) dan (4) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai Ry(123) = 0,572 dan R2y(123) = 0,327, Fhitung > Ftabel (11,011 > 2,74).

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.