PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Muhammad Khalid

Abstract


Abstrak: Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi (2) Adanya pengaruh dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi, (3) Adanya pengaruh dan signifikan kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket pada 128 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jogonalan pada bulan April-Mei 2018. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisien determinasi sebesar 0,105 yang berarti kreativitas mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 10,5% dan nilai signifikan thitung 3,773 > ttabel 1,669; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisien determinasi sebesar 0,106 yang berarti pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 10,6% dan nilai signifikan thitung 3,795 > ttabel 1,669; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisien determinasi sebesar 0,341 yang berarti kreativitas mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 34,1% dan nilai signifikan Fhitung 9,889>Ftabel 3,14.

 

Kata Kunci: kreativitas mengajar guru, pemanfaatan media pembelajaran, prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.