PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018

Sonya Desmilla Nugrahany, Moh. Djazari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2017/2018 sejumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa rx1y= 0,382; = 0,146. (2) Terdapat pengaruh positif Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa rx2y= 0,364; = 0,132. (3) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa rx3y= 0,340; = 0,116. (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Ry(1,2,3)= 0,465; = 0,216. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar 40,1%, Sumbangan Relatif Disiplin Belajar 34,4%, dan Sumbangan Relatif Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru 25,5%. Sumbangan Efektif Motivasi Belajar 8,66%, Sumbangan Efektif Disiplin Belajar 7,43%, dan Sumbangan Efektif Persepsi Siwa Tentang Metode Mengajar Guru 5,51%.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.