FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Vira Purnamasari, Abdullah Taman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Populasi penelitian berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran Akuntansi, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 dengan koefisien Ry(1,2,3) sebesar 0,559; koefisien determinasi R2y(1,2,3) sebesar 0,312; Fhitung sebesar 9,228 lebih besar dari Ftabel 2,760.

Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, Pemanfaatan Waktu Belajar Di Luar Jam Pelajaran Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.