PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Annisa Kusuma Utami, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, dan (4) pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MAN 4 Bantul yang berjumlah 62 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh keterampilan mengajar terhadap prestasi belajar, (2) terdapat pengaruh keterampilan mengajar sebesar 57,6% terhadap motivasi belajar, (3) tidak terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan (4) tidak terdapat pengaruh keterampilan mengajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.

 

Kata kunci: Keterampilan Mengajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.