PEMANFAATAN GRUP FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI 1 TAHUN AJARAN 2016/2017 SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA

Ari Kuswanto, Rr. Indah Mustikawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan grup facebook sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi  untuk meningkatan keaktifan dan hasil belajar kelas X Akuntansi 1 Tahun Ajaran 2016/2017 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pola One Group Pretest Posttest.Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan grup facebook dapat meningkatkan keaktifan siswa hingga 14,46 % dengan nilai t hitung 6,680 dan signifikansi probabilitas sebesar 0.000 < 0,05.Pemanfaatan grup facebook dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga 40,04 % dengan nilai t hitung 29,365 dan signifikansi probabilitas sebesar 0.000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan grup facebook dapat digunakan sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Sehingga, hipotesis yang diajukan diterima.

                                                                                                 

Kata kunci:Pemanfaat, Grup Facebook, Media Pembelajaran, Keaktifan, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.