IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Oki Adityawardhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Akuntansi siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 6 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 melalui Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase berupa perhitungan tes hasil belajar dengan hasil observasi.

Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Hasil belajar ranah kognitif meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata kognitif siswa sebesar 81,41 atau 16 siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 83,62 atau 21 siswa telah mencapai KKM. 2) Hasil belajar ranah afektif siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 8 siswa telah mencapai kategori sangat baik atau baik dan meningkat menjadi 20 siswa pada siklus II. 3) Hasil belajar ranah psikomotor siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak10 siswa telah mencapai kategori sangat baik atau baik dan meningkat pada siklus II menjadi 21 siswa.

Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar, Kognitif, Afektif, Psikomotor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.