PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK TAMTAMA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Mety Andriyan Agustina, Siswanto Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx1y = 0,377; r2x1y = 0,142; (2) Terdapat pengaruh positif Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan rx2y = 0,636; r2x2y = 0,404; (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa ditunjukkan dengan Ryx1x2 = 0,666; R2yx1x2 = 0,444; sumbangan efektif varibel Motivasi Belajar 8,28% dan variabel Kompetensi Guru 36,12%

                                                                                                 

Kata kunci      :           Motivasi Belajar Siswa, Kompetensi Guru, dan Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.