STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MELAKUKAN PENGAWASAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK

Ikhsanudin Muchlis

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan memahami pelaksanaan strategi public relations di Lembaga Ombudsman DIY
untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik dan
mengetahui hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pemeriksaan keabsahan data
dilakukan melalui metode triangulasi sumber. Proses analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi public
relations di Lembaga Ombudsman DIY untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan
pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dilaksanakan melalui beberapa program yaitu kegiatan
audit sosial, kegiatan publikasi, sosialisasi langsung, sosialisi melalui media massa, melaksanakan konferensi pers,
melakukan tanggung jawab sosial humas, mengadakan audiensi, melakukan koordinasi dan integrasi ke lembaga
eksternal, serta mendorong terbentuknya internal complain. Hambatan dalam pelaksanaan strategi tersebut
adalah minimnya sumber daya pendukung, kondisi internal lembaga yang kurang kompak, dan dukungan dari
pemerintah daerah yang masih kurang.

Kata kunci: Strategi, public relations, partisipasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i6.9238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress