PELAYANAN KTP-ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAGELANG

Yollaratma Yanti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan KTP-Elektronik di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Penelitian ini penting dilakukan guna meningkatkan pelayanan KTPElektronik
kedepanya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Desain ini dinilai
tepat untuk menggambarkan serta mendeskripsikan kualitas pelayanan KTP-Elektronik di Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan KTPElektronik
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang dilihat dari dimensi berwujud,
ketanggapan dan jaminan belum sepenuhnya berkualitas. Indikator kenyamanan tempat pelayanan, penggunaan alat
bantu, kecepatan serta jaminan tepat waktu belum dapat dilaksanakan. Sedangkan dimensi kehandalan dan empati
sudah menunjukankualitas pelayanan yang optimal. Faktor pendukung dalam pelayanan ini adalah semangat
pengabdian pegawai serta kesadaran masyarakat akan kebutuhan rekam data. Sedangkan faktor penghambat yaitu
kurangnya sarana prasarana ruangan pelayanan, keterbatasan sumber daya manusia, jaringan internet yang
tidakstabil, gangguan pada server pusat serta ketidaktersediaan blangko KTP-Elektronik.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, KTP-Elektronik, Kehandalan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i5.9212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress