INOVASI JAMINAN KESEHATAN SEMESTA DALAM USAHA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA JAMINAN PENYANGGA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Nova Lestari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang pelaksanaan inovasi sistem Jaminan
Kesehatan Semesta (Jamkesta)dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan peserta jaminan
penyangga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Peneliti menetapkan hal tersebut sebagai tujuan penelitian mengingat
masih banyak golongan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan bayi baru lahir yang tidak
menerima bantuan kesehatan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Pemeriksaan
keabsahan data dilakukan melalui metode triangulasi sumber. Proses analisis data mencakup reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur SDM, proses, pembiayaan,
lokasi, respon terhadap saran perbaikan inovasi, hukum, dan sosial sudah mendukung pelaksanaan inovasi Jaminan
Kesehatan Semesta terhadap golongan penyangga dan bayi baru lahir. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan
yang perlu diperbaiki jika dilihat dari unsur sosialisasi, budaya dan teknologi. Sementara itu, unsur hasil
menunjukkan bahwa sebanyak 45% dari total jumlah surat eligibilitas peserta (SEP)yang dikeluarkan oleh Bapel
Jamkesos adalah untuk golongan penyangga tanpa KTP dan bayi baru lahir. Hal tersebut mengindikasikan bahwa
visi Jamkesta dan amanah dari Gubernur DIY sudah tercapai.

Kata kunci: Inovasi, Jaminan Kesehatan Semesta, pelayanan kesehatan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i5.9210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress