PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN PENGAWASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BADAN PERTANAHAN NASIONAL (BPN) KOTA YOGYAKARTA

Luky Dewi Anjani

Abstract


Abstrak
Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskan pengaruh motivasi berprestasi dan pengawasan
terhadap kualitas pelayanan publik Badan Pertanahan Nasional (BPN)Kota Yogyakarta. Penelitian ini
menjadi masukan bagi BPN dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang banyak
mendapatkan sorotan dari masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian ex post facto. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai BPN Kota
Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji
validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus korelasi product moment dan rumus Alpha
Cronbach yang diolah dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics. Uji hipotesis
menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1)Motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan
publik Badan Pertanahan Nasional (BPN)Kota Yogyakarta; 2)Pengawasan berpengaruh signifikan
terhadap kualitas pelayanan publik Badan Pertanahan Nasional (BPN)Kota Yogyakarta; 3)Motivasi
berprestasi dan pengawasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan
publik Badan Pertanahan Nasional (BPN)Kota Yogyakarta. Oleh karena itu, Badan Pertanahan
Nasional (BPN)Kota Yogyakarta perlu memperhatikan aspek motivasi berprestasi dan pengawasan
dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Pengawasan, dan Kualitas Pelayanan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i5.9209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress