POLITICAL MARKETING KANDIDAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (PILKADES)(STUDI KASUS PILKADES DESA GENTAN KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN )

Rizki Zerunisa

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui political marketing yang dilakukan
oleh setiap kandidat dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)Desa Gentan
Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten dan menjelaskan faktor-faktor yang
menentukan kemenangan kandidat dalam Pilkades Desa Gentan tahun 2013.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara
dengan informan penelitian dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Data
sekunder berupa laporan dan dokumen-dokumen resmi. Instrumen penelitian
adalah peneliti sendiri yang dalam pelaksanaannya menggunakan alat bantu
berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif, yaitu proses analisis
dengan menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, sajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandidat dapat menerapkan political
marketing dengan baik. Namun, political marketing yang dilakukan Pak Sudiman
lebih progresif di banding Pak Saino. Pak Saino menggunakan pendekatan
political marketing Partai Berorientasi Produk (Product Oriented Party-POP).
Pak Sudiman menggunakan pendekatan political marketing Partai Berorientasi
Pasar (Market Oriented Party-MOP). Kampanye dilakukan dengan menerapkan
strategi push dan pass political marketing. Jaringan kekeluargaan, pemberian
uang, rasa hutang budi menjadi dasar seseorang memberikan dukungan kepada
salah satu kandidat. Faktor – faktor yang menentukan kemenangan Pak Sudiman
adalah (1)pendekatan MOP mengarahkan melihat bagaimana pasar pemilih
seperti kebutuhan pemilih, keinginan pemilih dan permasalahan pemilih (2)adanya dukungan dana dari pemodal sehingga mampu melakukan money politic
(3)komunikasi kepada pemilih dilakukan lebih lama daripada Pak Saino sehingga
mampu memblokir segala pergerakan dari kubu Pak Saino.
Kata kunci : political marketing, Pilkades

 

ABSTRAK
This research aims to understand political marketing that was done by each
candidate in Election of Village Head Desa Gentan Kecamatan Gantiwarno
Kabupaten Klaten and to explain factors which assigned a candidate’s winning in
Election of Village Head Desa Gentan in 2013.
Type of this research is descriptive. Type of data used is primary and
secondary data. Primary data is the interviews with informants and observation
results done by the researcher. Secondary data is report document and official
documents. The research instrument is the researcher herself who is helped by
supporting instruments such as interview and observation guide in its
implementation. Data collection technique used is interviews, observations, and
documentations. Data validation technique uses sources triangulation. Data
analysis technique in this research uses interactive model that is analysis process
using three components consisting data reduction, data presentation, and
conclusion.
The result of this research shows that the candidates could apply political
marketing well. But, political marketing done by Pak Sudiman was more
progressive compared to Pak Saino’s. Pak Saino used Product Oriented Part y
(POP)approach as his political marketing. Pak Sudiman used Market Oriented
Party (MOP)as his political marketing. Campaign was done by applying push and
pass political marketing strategy. Family ties, money politics, and indebted feels
were basis for people to give their votes to one of the candidates. Factors
determining the winning of Pak Sudiman are (1)MOP approach aimed to see how
the voters’ market such as voters’ needs, interests, and affairs (2)there was
financial support from financier so he was able to do money politics (3)communication with voters was done longer than Pak Saino did so it could block
every movement from Pak Saino’s party.
Kata kunci : political marketing, Election of Village Head


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i1.8913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress