PENGARUH KINERJA DAN KELENGKAPAN FASILITAS PELAYANAN MEDISTERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMASWINDUSARI KABUPATEN MAGELANG

Putri Yuliana Hermawanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kinerja dan kelengkapan fasilitas
pelayanan medis terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Windusari,
Kabupaten Magelang baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama. Hasil penelitian ini
dapat diterapkan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kepuasan pasien pengguna
BPJS Kesehatan di Puskesmas Windusari Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Penelitian ini merupakan penelitian sampel
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 123
responden, uji coba instrumen dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi .Uji validitas instrumen dilakukan
dengan teknik korelasi product moment dikoreksi dengan rumus part whole correlation. Uji
reliabilitas instrumen menggunakan teknik koefisien alpha. Teknik analisis data dengan
menggunakkan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kinerja berpengaruh
kuat terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan, (2) kelengkapan fasilitas pelayanan
medis berpengaruh kuat terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS (3) Kinerja dan kelengkapan
fasilitas pelayanan medis secara bersama-sama berpengaruh kuat terhadap kepuasan pasien
pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Windusari, Kabupaten Magelang. Besarnya sumbangan
efektif dari variabel kinerja dan kelengkapan fasilitas pelayanan medis terhadap kepuasan pasien
pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Windusari, Kabupaten Magelang adalah sebesar
67,7%.

Kata Kunci: Kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan, kinerja, kelengkapan fasilitas


Abstract

This study aims to explain influence of performance on patient satisfaction health BPJS
users, influence of the completeness on medical facility toward patient satisfaction of BPJS
Kesehatan users and Influence of performance and completeness of the medical service facility
toward patient satisfaction of health BPJS user at Windusari Health Center, Magelang Regency
which affecting either individually or collectively. The result in this study was applied as
consideration to increase patient satisfaction health BPJS user at Windusari Health Center,
Magelang Regency. This research type was quantitative with Ex Post Facto research design.
This research was a sample research using simple random sampling technique. The sample of
this research was 123 respondents, the experiment test was conducted with the total of 40
respondents. Data collection techniques used questionnaires documents. Instrument validity test
58
was conducted with product moment correlation technique corrected by part whole correlation
formula. Instrument reliability test using alpha coefficient technique data analysis technique
using regression analysis. The results of this study indicate that: (1) performance had a strong
effect toward patient satisfaction of BPJS Kesehatan users, (20) the completeness of the medical
service facility had a strong effect toward patient satisfaction of BPJS users, (3) the performance
and completeness of medical service facilities together have a strong influence toward patient
satisfaction of health BPJS users at Windusari Health Center, Magelang Regency. The
magnitude of effective contribution of performance variable and completeness of medical service
facility toward patient satisfaction of health BPJS users at Windusari Health Center, Magelang
Regency is 67,7%.

Keywords: Patient satisfaction toward Health BPJS users, performance, completeness of
facilities


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i1.8908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress