EFEKTIVITAS RELOKASI PASAR BALEDONO DI KABUPATEN PURWOREJO

Fitria Molandari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas relokasi Pasar Baledono di
Kabupaten Purworejo beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Tujuan
selanjutnya untuk memberi masukan kepada pemerintah daerah dalam penyediaan
fasilitas terkait dengan program relokasi Pasar Baledono ke tempat yang baru. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Informan penelitian adalah Kepala Diskopperindagpar, Kabid dan staff bidang
Pengelolaan Pasar Diskopperindagpar, Kepala Dishubkominfo, Kabid dan staff bagian
LLAJ Dishubkominfo, Sekda Kabupaten Purworejo, serta masyarakat sekitar Pasar
Baledono. Peneliti bertindak sebagai instrument penelitian. Pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi sumber dipilih sebagai teknik uji
keabsahan data. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa relokasi Pasar Baledono di Kabupaten Purworejo tidak efektif
dilihat dari 3 (tiga) indikator yaitu: 1) Lokasi usaha yang strategis dan menguntungkan
dimana pedagang yang direlokasi di belakang ruko Plaza merasa rugi akibat sepi pembeli
dan lokasi tersebut dianggap sangat tidak strategis karena posisi pasar darurat yang
tertutup oleh ruko Plaza, 2) Pembinaan terhadap pengelola pasar dilakukan oleh
Diskopperindagpar dan pembinaan terhadap pedagang pasar dilakukan oleh pengelola
pasar sudah sesuai dengan tujuan kebijakan. 3) Penyediaan sarana dan prasarana pasar
tradisional.

Kata Kunci: Efektivitas, Relokasi Pasar Baledono

Abstract

The aims of this research is to understand the effectiveness of Baledono Market
relocation in Purworejo Regency along with its supporting and inhibiting factors. The
next objective is to give inputs to the local government in providing facilities related to
the relocation program of Baledono Market to a new place. The research design used is
descriptive research with qualitative approach. The research informants are Head of
Diskopperindagpar, Market Management staff of Diskopperindagpar, Head of
Dishubkominfo, Head of LLAJ Dishubkominfo, Sekda of Purworejo District, market
traders, buyers, drivers and community around Baledono Market. Researcher as
instrument of this research. Data collection by interview, observation and documentation.
Triangulation of the source is chosen as a test technique of data validity. Data analysis
techniques using interactive techniques of data collection, data reduction, data
presentation and drawing conclusions. Testing data validity using source triangulation
14
Efektivitas Relokasi Pasar Baledono Di Kabupaten Purworejo ( Fitria Molandari
dan Sugi Rahayu, M.Pd., M.Si)
technique. The result of the research shows that the effectiveness of Baledono Market
relocation in Purworejo Regency is less effective from 3 (three) indicators: 1) Strategic
and profitable business location where the merchants who are relocated behind the
Plaza's shop feel the loss due to the lack of buyers. And the location is considered at least
Strategic because of the emergency market position covered by the shop 2) Guidance to
market managers conducted by Diskopperindagpar and guidance to market traders
conducted by market managers. 3) Assist the improvement of traditional market facilities
and infrastructure.

Keywords: Effectiveness, Baledono Market Relocation.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v2i1.8905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress