STRATEGI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA

Desi Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pelasksanaan reformasi birokrasi pemerintah Kota Yogyakarta dan mengetahui kendala dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ketua tim pengarah dan anggota tim penyelaras reformasi birokrasi. Instrumen penelitian adalah peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan reformasi birokrasi pemerintah Kota Yogyakarta terdiri dari tiga tahap. Pertama, perumusan strategi meliputi pengembangan visi dan misi, penetapan tujuan jangka panjang, identifikasi faktor kekuatan dan kelemahan dan penentuan strategi utama berupa manajemen perubahan. Kedua, penerapan strategi dengan melaksanakan quick win reformasi birokrasi, sosialisasi road map dan penetapan road map reformsasi birokrasi melalui keputusan Keputusan Pemerintah Kota Yogyakarta Yogyakarta nomor 406/KEP/2013. Ketiga, strategi evaluasi dengan menerapkan evaluasi internal dan eksternal melalui PMPRB online. Kendala dalam pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu Sulitnya mengubah mindset aparatur, kurangnya pegawai dan pegawai yang mengalami stres.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/joppar.v1i4.3935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




SUPPORTED BY:

 

 

INDEX BY:

on Progress